Rabu, 16 Januari 2013

wawancara dengan pengusaha toko sembako

TOPIK: Perbedaan Penghasilan Di Jakarta Dengan Di Daerah
NARASUMBER (bang ewok): Bang Ewok, Pemilik Warung Sembako
PEWAWANCARA (saya): Gifari Nuzulla


Saya : asalamualaikum wrb bang ewok

Bang ewok : walaikumsalam wrb.

Saya : langsung saja ya bang ke pertanyaan wawancara kita. Sebelum buka usaha warung sembako di Jakarta abang pernah buka usaha dimana?

Bang ewok : saya pernah membuka usaha di kampung saya di jawa barat di daaerah garut.

Saya : lalu kenapa skarang bang ewok membuka usaha di Jakarta?

Bang ewok : iya, karna saya mengikuti istri saya yang memilih tinggal di Jakarta karna dia mempunyai pekerjaan di Jakarta.

Saya : ouh seperti itu, tapi menurut bang ewok sendiri bagaimana penghasilan usaha bang ewok waktu di daerah dngan usaha yang sekarang di Jakarta?

Bang ewok : kalo menurut saya penghasilan yang saya dapat lebih besar di garut ketimbang Jakarta karna di Jakarta sudah banyak indomart ataw alfamart jadi warung sembako seperti usaha saya ini kurang begitu ramai.

Saya : lalu bagaimana bang ewok mengatasinya kalo ke adaan nya seperti itu?

Bang ewok : ia saya mengatasi nya dengan lebih bermain harga dan kualitas agar tidak kalah saing dngan toko swalayan yaaaa walaupun itu sulit saya akan tetap bertahan untuk anak istri saya.

Saya : memang nya sudah berapa lama bang ewok membuka usaha disini? Dan berapa umur bang ewok sekarang ?

Bang ewok : saya sudah membuka usaha di Jakarta ini sekitar 5tahun sejak anak saya masih kecil. Haha umur saya masih muda ko sekitar yaa 30an

Saya : hahaa begitu ya bang. Oia kendala apa saja sih yang pernah abang alami ketika membuka usaha ini?

Bang ewok : banyak sangad banyak kendala yang saya alami, mulai dari persaingan ekonomi di Jakarta yg sangat ketat, hingga modal untuk membuka usaha ini karna perekonomian di Jakarta dengan di daerah saya amad sangat lah jauh, begitu jga harga barang sembako yang terus melambung tinggi.

Saya : hemm begitu yang bang, tapi sampai saat ini apa kendala itu masih bisa abang atasi? Ataw abang memilih bantuan seperti meminjam uang kepada bank mungkin?

Bang ewok : ouh tidak, saya sangat tidak berani untuk meminjam uang kepada bank karna akan dikenai bunga yang sangad besar, dengan ke adaan yang sekarang saya cukup terbantu dngan gaji istri saya yg lumayan untuk menutupi usaha saya ini, karna dia bekerja di sebuah kantor swasta.

Saya : ouh jadi begitu ya bang , kalo begitu terimakasih ya bang atas wawancara tentang usaha warung sembako ini semoga warung sembako ini tetap diminati banyak pembeli walau banyak nya toko swalayan di Jakarta

Bang Ewok : aminn aminn aminn semoga saja , dan juga tak ada yang tak mungkin bila kita mau berusaha .

Saya : hehee oke siap deh bang ewok.


Begitulah wawancara yang saya lakukan dengan pengusaha warung sembako yang mengadu nasib di Jakarta semoga wawancara saya kali ini menjadi penyamangat hidup bagi yang membaca nya . terima kasih .



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar